22.9.04

Kekeliruan 31: Klaim dengan argumen yang membawa-bawa orang banyak

Consensus gentium; juga dikenal sebagai bandwagon fallacy

Argumen dalam klaim ini menyuruh orang menerima klaim semata-mata karena banyak orang mempercayai atau mempraktikkannya.

Contoh:“Kebanyakan orang percaya pada Tuhan; makanya, apa kita mau menyalahkan berjuta-juta umat manusia?” "Saya cuma ingin mengatakan, jutaan orang percaya astrologi; jadi tidak mungkin jika tidak ada kebenaran di dalamnya."
(Catatan: Dulu, semua orang percaya bahwa bumi adalah pusat tatasurya.)

Argumentum ad antiquitatem
Variasi dari fallacy ini adalah Argumen yang Membawa-Bawa Tradisi-- argumentum ad antiquitatem, yang menyatakan sesuatu itu baik atau buruk berhubung sudah “diterima” sejak jaman baheula.

Contoh:
"Dari dulu hingga sekarang, kita selalu yakin bahwa..."

Variasi lain yang berupa kebalikannya argumen atas dasar tradisi adalah yang Membesar-besarkan Sesuatu yang Baru (argumentum ad novitatem):

Contoh: “Ini yang terbaik—upgrade terbaru!” "Penelitian terakhir menunjukkan bahwa Jendela PX Professional, benar-benar sistem operasi dahsyat!
(Catatan: Perusahaan pembuatnya sampai sekarang masih harus memperbaiki sistem operasi terbarunya, yang ternyata banyak cacatnya.)

Pembuktian:
Tunjukkan bahwa hanya karena dipercaya orang banyak atau karena tradisi, atau justru karena baru, tidak dengan sendirinya berarti sesuatu itu langsung dapat kita terima; alasan semacam ini tidak memberi kita fakta yang berguna untuk pembuktian.

Ada yang punya contoh lain?